Pentingnya Sholat!!!  

Jumat, 24 Juli 2009

Pentingnya Sholat!

Banyak orang tidak memperhatikan tentang sholat , mereka seperti tidak bersalah jika meninggalkan sholat demi kehidupan duniawi. Padahal, sholat adalah hal yang amat penting, bahkan lebih penting dari pada kehidupan di dunia. Karena hal yang pertama kali di tanyakan oleh para Malaikat adalah tentang shalatnya di waktu masih di dunia.

Shalat merupakan tiang agama, khususnya agama Islam. Jika kita tidak melakukan sholat, maka secara logika, kita tidak mempunyai tiang untuk menyangga agama kita. Seperti halnya rumah tanpa pondasi. Maka Islam akan mudah sekali goyah dan bahkah akan runtuh.

Ada suatu kisah yang dapat kita ambil hikmahnya. Ada seseorang yang suka minum minuman keras, berjudi, main perempuan, dan juga kemungkinan besar dia mencuri. Namun, ia tak pernah absen ketika sholat. Walaupun sedang berjudi, ketika mendengarkan adzan, ia langsung pergi untuk menunaikan sholat. Karena itu ia tak pernah telat dalam sholatnya.

Suatu ketika, saat ia sedang mabuk, ia duduk bersama teman temannya. Mereka sudah terbiasa bersama dan bercanda ria, tanpa diduga oleh salah satu temannya, ia berkata, “Hai temen, kamu boleh melakukan apa pun yang kamu mau, namun, jangan pernah sekali kali kamu lalai dalam menunaikan sholat. Dan juga tunaikan lah sholat tepat pada waktunya.” Mendengar kata kata yang diucapkan oleh si pemabuk tadi, ia langsung kaget dan kagum mendengar perkataan yang tak di duga duga akan diucapkan oleh si pemabuk.

Berdasarkan kisah di atas, dapat disimpulkan bahwa, orang yang pembuk sekalipun masih ingat terhadap sholat. Seharusnya, kita yang tidak melakukan hal hal yang dilarang agama itu, harus lebih bersungguh sungguh dalam sholat. Jangan pernah kita melalaikan sholat lima waktu. Karena kalo di pikir pikir Allah telah memberikan kemudahan kepada kita dalam melakukan shalat. Misalnya, ketika kita akan melakukan perjalanan jauh, maka kita diperbolehkan sholat jama’.

Sholat jama’ yaitu shalat yang dilakukan dengan menggabungkan dua waktu sholat agar dapat dilaksanakan pada salah satu waktu sholat. Misalnya, Sholat Dzuhur dengan sholat Ashar, Shalat Maghrib dengan sholat isa’.

Ada dua jenis jama’ yang di sunahkan oleh Rosululloh, yaitu jama’ Takdim dan Jama’ takhir. Jama’ Takdim yaitu menjamak shalat yang dilakukan pada waktu shalat yang pertama, missal, menjalankan sholat dzuhur dan ashar pada waktu dzuhur.

Jama’ Takhir yaitu jama’ yang dikerjakan pada waktu yang akhir, missal, sholat maghrib dengan sholat isa’ dikerjakan pada waktu sholat isa’. Kecuali sholat Shubuh, tidak boleh di jama’. Namun, jaman sekarang, orang orang telah menambah satu lagi jama’ yaitu jama’ TAK’USAH SAJA. Hal tersebut dikemukakan menurut ajaran syetan, yang menyuruh orang orang untuk tidak melakukan sholat.

Jadi kesimpulannya yaitu, kita sebagai umat Islam, harus senantiasa melakukan sholat lima waktu tepat pada waktunya. Jika belum, maka berusahalah untuk melakukannya. Terus berjuang!!!!!!!!!!

AddThis Social Bookmark Button


0 komentar: to “ Pentingnya Sholat!!!

 

Design by Blogger Buster | Distributed by Blogging Tips