Cara Membuat blog di wordpress  

Minggu, 28 Juni 2009

Wordpress merupakan salah satu web penyedia blog yang banyak digunakan saat ini. Wordpres didirikan oleh berapa orang yang bekerja pada software blogging yang sama. Anda dapat melihat profil pendiri wordpress dengan alamat http://automattic.com/about/. Untuk membuat web blog dalam wordpress, langkah langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Buka halamat situs http://www.wordpress.com. Lalu Klik pada bagian Sign Up atau Start blog in seconds, untuk membuat halaman blog baru.
  2. Masukkan username juga alamat email yang valid karena untuk data aktivasi akan dikirim ke alamat email tersebut. Janga lupa memberikan tanda centang pada I have read and agree the fascinating terms of service. Setelah selesai klik tombol Next.
  3. Untuk username, Anda hanya diperbolehkan mamasukkan huruf dan angka saja, dan tidak diizinkan menyertakan tanda tanda yang lain seperti '(kutip satu), "(kutip dua), ?,>,<>
  4. Klik tombol Next, halaman keterangan blog.
  5. Masukkan judul blog yang akan muncul pada status bar, kemudian Anda dapat memilih bahasa yang digunakan dalam blog. Biasanya default bahasa inggris, namun juga dapat diganti. jangan lupa mencetang bagian Privacy, karena secara otomatis WordPress akan menambahkan blog Anda akan semakin dikenal.
  6. Klik tombol Sign up, lalu masukkan data pribadi Anda. Jika sudah selesai tekan tombol Save Your Profile.
  7. Pastikan bahwa alamat email Anda valid. Data untuk aktivasi halaman blog akan dikirim ke alamat email tersebut. Untuk mengedit alamat email Anda, klik tombol Update email.
  8. Pihak Wordpress telah mengirim data untuk aktivasi ke alamat email Anda. Jika dalam dua hari Anda tidak mengaktifkannya, maka account Anda akan dibatalkan dan Anda harus mendaftar lagi. Ketika Anda login ke halaman Yahoo, penulis mengingatkan akan adanya Yahoo Phising atau proses pencurian username dan password, pastikan bahwa terdapat gambar atau teks verifikasi bahwa data yang dimasukkan benar benar akan dikirim ke server yahoo bukan ke alamat yang lain.
  9. Klik link untuk aktivasi pada email yang dikirmkan kepada anda dari pihak wordpress.
  10. Akan muncul halaman baru yang menyatakan bahwa blog anda telah diaktivasi. Kemudian juga diberikan username dan password untuk masuk mengedit halaman blog Anda.
  11. Gunakan username dan password tersebut untuk login.
  12. Setelah login, klik pada bagia nDashboard, sehingga muncul beberapa menu, Klik Write a post.
  13. Tulis artkel yang anda terbitkan, setelah itu klik Publish.
  14. Akan muncul pesan bahwa tulisan anda telah di masukkan ke blog. Untuk melihat hasilnya bisa klik View Post.
  15. Terakhir, saya ucapkan selamat, anda telah memiliki web blog baru. Good Luck. selamat blogging!

AddThis Social Bookmark Button


 

Design by Blogger Buster | Distributed by Blogging Tips