3 Perkara yang menyebabkan Allah cinta kepada kita dan 3 perkara yang menyebabkan Allah benci kepada kita!  

Selasa, 30 Juni 2009

Kita sebagai umat beriman, harus selalu ingat kepada Tuhan. Dia yang menciptakan kita, Dia juga yang menguasai seluruh alam raya. Jika kita berbuat kebaikan, maka Tuhan akan selalu mencintai kita. Kebaikan yang kita perbuat akan mendatangkan kebaikan pula pada kita, dan kita akan selalu dicintai oleh Tuhan.
Namun sebaliknya, jika kita berbuat kemungkaran, maka murka Tuhan tidak akan terelakkan. Tuhan akan membenci kita selama kita belum bertobat. Maka kita jangan sering sering melakukan perbuatan yang mungkar.
Sebenarnya Rosulullah pernah bersabda bahwasanya Allah telah meridhokan 3 perkara untukmu kebaikanmu dan 3 perkara untukmu keburukannmu. Allah merelakannmu menyembahNya, tidak mempersekutukannya dengan suatu apapun. Harus selalu berpegang teguh pada ajaran agama, jangan bercerai berai. Yang terakhir yang disenangi Allah yaitu suka menasehati orang lain. Sedangkan, 3 perkara lainnya yaitu, banyak berbicara, suka menanya nanya pribadi orang lain, dan suka menyia nyiakan harta.

Yang dimaksud dengan menyembah Allah dan tidak menyekutukannya yaitu kita tidak boleh menyembah selain Allah. Tidak ada Tuhan selain Allah. Kita tida boleh percaya kepada orang orang yang mengaku dapat mengerti masa depan, takdir, rizki kita, seperti dukun. Kita tidak boleh karena dukun tidak akan memohon pertolongan kepada Allah. Dia memohon kepada setan agar diberi ilmu. Memang setan itu sangat pintar dan licik. Ia akan selalu memberikan yang benar untuk pemula, namun lama kelamaan ia akan menjerumuskan siapa saja yang percaya kepada nya(setan). Allah juga sudah berfirman dalam surat Al-Baqoroh ayat 21 yang artinya :

“Hai manusia sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan (menciptakan) orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."
Dari firman tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa kita harus menyembah kepada Allah yang telah menciptakan kita sebagai makhluknya yang paling sempurna. Kita mempunyai hati, pikiran, akal, nafsu dll. Kita harus senantiasa pandai bersyukur.

Sedangkan yang dimaksud dengan kita harus berpegang teguh pada ajaran agama Islam yaitu kita harus selalu mematuhi perintah perintah Allah yang diwahyukan lewat Nabi Muhammad SAW. Kita hidup di dunia ini berbangsa, bersuku suku dan berorganisasi satu sama lain. Kita harus saling menjaga perdamaian agar umat manusia selalu mendapatkan perlindungan dari Allah. Kita tidak boleh bercerai berai gara gara masalah sepele. Walaupun kita berbeda ras, suku bangsa, kita sebagai umat beriman harus senantiasa menjaga persatuan Islam agar tidak mudah dirobohkan oleh orang orang kafir kafirin. Kita harus terus berjuang untuk menegakkan seriat agama Islam.

Untuk hal tentang suka menasehati orang lain, artinya jika ada teman atau keluarga kita yang akan berbuat kesalahan, kita harus senantiasa menasehati dengan kelembutan dan kasih sayang agar dia tidak jadi berbuat yang salah yang dapat menyebabkan ia sesat.

Untuk 3 perkara lainnya yaitu:
Suka berbicara yang tidak ada artinya, maksudnya banyak dari kita yang suka membicarakan hal hal yang tidak penting. Kita sering meng-gosip hal hal yang tidak perlu kita pikirkan. Hal tersebut dapat menjadikan Allah tidak senang kepada kita. Ia (Allah) akan benci kepada kita. Dari pada mengomongin hal yang tidak penting lebih baik kita senantiasa berberdzikir dan ingat kepada Allah.

Yang kedua yaitu, suka menanyai masalah pribadi orang lain. Allah tidak senang dengan hal seperti ini. Masalah pribadi orang lain tidak boleh kita tahu lebih banyak. Jika seorang selalu bertanya tentang temannya yang akan menikah, maka teman tadi akan merasa jengkel dan akan marah. Hal tersebut menyebabkan Allah tidak suka karena kita telah membuat orang lain menjadi marah. Kita seharusnya membiarkan orang lain memilih pilihannya sendiri. Tidak boleh mengharuskan teman kita berbuat seperti kita. Karena setiap orang mempunyai pribadi tertentu yang mesti berbeda satu sama lain.

Yang terakhir yaitu suka menyia-nyiakan harta. Itu disebut juga pemborosan. Pemborosan adalah perbuatan yang tidak layak dilakukan. Karena dari pada kita berbuat boros tidak mendapat apa apa, lebih baik kita menafkahkan sebagian rizki kita ke badan kemanusiaan atau lainnya yang lebih membutuhkan.


Ya cukup sekian, siapa saja boleh buat komentar ato masukan agar lebih sempurna. Aku sih lagi berlatih mengamalkannya.

AddThis Social Bookmark Button


 

Design by Blogger Buster | Distributed by Blogging Tips